5 Cara Menumbuhkan Rambut Bayi Serta Menebalkannya 100% Alami

Orang tua tentunya selalu menginginkan segala yang maksimal untuk anaknya. Baik dari segi nutrisi, pertumbuhan fisik, maupun perkembangan sensorik dan motoriknya. Khusus untuk perkembangan fisiknya, salah satu bagian tubuh yang juga banyak menjadi perhatian bagi orang tua adalah rambut. Orang tua mana yang tidak menginginkan bayinya memiliki rambut yang hitam lebat, tebal, sehat mengembang, bahkan berkilau. Beberapa orang tua bahkan mempersiapkan nutrisi terbaik semenjak bayinya masih berada di dalam kandungan demi mendapatkan bayi yang memiliki rambut sehat.

Banyak mitos yang beredar di masyarakat terkait dengan rambut bayi. Ada yang mengatakan bahwa jika menginginkan rambut yang lebat pada bayinya ketika lahir nanti, sang ibu harus rajin mengkonsumsi kacang hijau terutama air rebusannya. Selain itu ada pula yang menyarankan agar seorang ibu yang sedang mengandung hendaknya rutin mengkonsumsi air kelapa, agar ketika sang bayi lahir nanti memiliki rambut yang bersih dan sehat.

Mungkin ada sebagian orang yang memercayai mitos tersebut, namun tak jarang pula orang yang tidak percaya. Kenyataannya, memang ada yang terbukti bahwa mitos tersebut benar, dan ada pula yang ternyata selama kehamilan terus menerus mengkonsumsi kacang hijau dan air kelapa namun rambut sang bayi tetap tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Perlu diketahui bahwa pertumbuhan rambut bayi tidak bergantung pada mitos yang beredar. Pertumbuhan rambut bayi bergantung pada berbagai faktor seperti: genetik atau keturunan, nutrisi (baik selama bayi masih di dalam kandungan maupun ketika bayi sudah lahir), faktor lingkungan, dll. Kalaupun dengan mengkonsumsi kacang hijau dan air kelapa dapat memengaruhi pertumbuhan rambut bayi sejak dalam kandungan, hal itu terjadi karena kandungan yang terdapat di dalam kacang hijau dan air kelapa tersebut.

Selain itu, juga didukung oleh berbagai faktor lain sehingga rambut bayi ketika lahir pun menjadi sehat. Walaupun banyak faktor yang memengaruhi, namun jika orang tua ingin merawat rambut bayinya agar tumbuh lebih sehat, maka lakukan beberapa cara menumbuhkan rambut bayi berikut ini:

1. Cukupkan Nutrisi Sang Bayi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nutrisi memegang peranan penting dalam pertumbuhan rambut bayi. Oleh karena itu, jika sang ibu menginginkan rambut bayinya tumbuh sehat maka akan lebih baik jika semenjak dalam kandungan, ibu mengonsumsi makanan yang padat gizi. Asupan serat, vitamin, juga zat besi perlu diperhatikan karena sangat dibutuhkan untuk kesuburan rambut bayi.

Ketika bayi sudah lahir dan masih dalam masa ASI Ekslusif (0-6 bulan) maka peranan gizi dari dalam diri ibu masih sangat penting. Artinya, pada masa ini seorang ibu tetap harus mengonsumsi makanan yang bergizi agar kandungan nutrisinya dapat tersalurkan pada sang bayi melalui ASI. Namun, ketika bayi sudah berusia lebih dari 6 bulan maka gizi bayinya sendirilah yang wajib dipenuhi. Berilah makanan dan minuman yang bergizi karena akan dapat mempercepat dan menyuburkan pertumbuhan rambut pada bayi. Beberapa asupan seperti kacang kedelai, kacang hijau, ikan, telur, buah-buahan, dan sayur-sayuran adalah pilihan makanan yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut bayi.

2. Gunakan Lidah Buaya

Jika kandungan nutrisi terasa sudah tercukupi namun pertumbuhan rambut bayi masih dirasa kurang maka orang tua dapat mencoba menggunakan lidah buaya sebagai nutrisi tambahan. Seperti yang telah kita ketahui, lidah buaya banyak dimanfaatkan oleh berbagai produk kesehatan rambut seperti shampo. Dan memang terbukti bahwa tanaman lidah buaya ini dapat menyuburkan dan menebalkan rambut, baik rambut orang dewasa maupun rambut bayi. Untuk membantu menumbuhkan rambut bayi, cukup siapkan tanaman lidah buaya secukupnya dan ambil dagingnya.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Lidah buaya dapat digunakan sendiri ataupun dicampurkan dengan madu.
  • Oleskan lidah buaya ini ataupun yang telah dicampurkan dengan madu pada kulit kepala bayi
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit
  • Lalu bilas sampai bersih menggunakan shampo bayi
  • Gunakan lidah buaya secara teratur agar hasilnya signifikan.

3. Gunakan Minyak Kemiri

Ramuan berikutnya yang dapat membantu menumbuhkan rambut bayi adalah minyak kemiri. Rupanya selain untuk memasak, kemiri juga dapat berguna untuk menumbuhkan rambut pada bayi dan bahan ini sudah dipercaya sejak lama karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Penggunaan minyak kemiri sudah banyak terbukti dan ampuh menumbuhkan rambut bayi yang tipis dan dapat memacu pertumbuhan rambut bayi menjadi lebih subur. Untuk menggunakannya pada bayi, Anda dapat membeli minyak kemiri yang siap pakai sehingga dapat langsung dioleskan pada kulit kepala bayi.

Namun selain itu, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan cara:

  • Parut beberapa butir kemiri hingga halus.
  • Tambahkan air ke dalam parutan kemiri tersebut.
  • Kemudian peras hingga mendapatkan hasil perasan yang bening.
  • Simpan selama 24 jam, lalu goreng hasil perasan tadi hingga menghasilkan minyak kemiri. Minyak kemiri pun siap digunakan.

4. Gunakan Seledri

Bahan selanjutnya yang dipercaya dan telah terbukti dapat menumbuhkan rambut bayi adalah seledri. Selain untuk pelengkap masakan, seledri ternyata mampu menutrisi kulit kepala bayi sehingga dapat memacu pertumbuhan rambut yang sehat dan rambut akan menjadi terawat. Menggunakan seledri untuk menumbuhkan rambut bayi juga mudah dilakukan.

Caranya:

  • Cukup sediakan beberapa lembar seledri
  • Haluskan dengan menggunakan blender tanpa menambahkan air
  • Setelah semua daunnya hancur, oleskan seledri pada kulit kepala bayi secara merata sembari dipijat secara perlahan.
  • Lakukan rutin 2 kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Gunakan Madu

Madu sudah dikenal sebagai bahan makanan yang kaya manfaat dan dapat dicampur dengan beberapa bahan lain untuk agar menjadi sebuah ramuan yang sangat berkhasiat. Untuk rambut bayi pun madu punya manfaatnya tersendiri yaitu dapat membantu menyuburkan rambut serta menjaga dan menutrisi kulit kepala bayi sehingga dapat memacu pertumbuhan rambut yang lebih tebal dan lebat. Menggunakan madu untuk menumbuhkan rambut bayi pun sangat mudah dilakukan. Cukup oleskan madu secara langsung pada kulit kepala bayi sembari dipijat. Lakukan ini secara teratur agar hasilnya lebih optimal.

Itulah beberapa cara menumbuhkan rambut bayi maupun merawat rambut bayi yang tipis agar terlihat lebih tebal dan sehat. Apapun jenis perawatan yang akan dipilih tetap perhatikan asupan nutrisi sang bayi, karena semuanya berawal dari nutrisi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *