5 Cara Membuat Lulur Alami Untuk Perawatan Kulit

Setiap wanita pasti suka menggunakan lulur untuk menghilangkan daki dan membuat kulit lebih halus. Lulur bisa saja diperoleh dari produk komersial, namun tentunya lulur yang dijual di pasaran sudah dicampur dengan bahan-bahan yang tidak lagi murni alami.

Jika Anda lebih suka menggunakan bahan-bahan alami sehingga kesegaran kulit terjaga, berikut cara membuat lulur dengan beberapa contoh berikut.

1.Lulur Kopi

Kopi adalah salah satu bahan yang sangat populer untuk dijadikan scrub atau lulur. Pasalnya, kopi memiliki sifat yang mampu mengelupas kulit mati, sehingga kulit pun akan terasa lebih bersih dan halus setelah digosok menggunakan lulur kopi.

Selain itu, kopi juga mengandung kafein, yang walaupun kurang begitu baik efeknya jika diminum, ternyata bermanfaat besar bagi kulit karena mampu mengencangkan kulit dan mengurangi selulit.

Jika diaplikasikan ke daerah sekitar mata, kafein dalam kopi juga mampu mengurangi mata bengkak dengan cara mengatur pembuluh darah agar tidak terjadi peradangan. Kafein juga sangat kaya akan antioksidan yang mampu melawan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan pada kulit wajah, bercak hitam karena terpapar sinar matahari, dan garis-garis halus.

Cara Membuatnya:

Lakukan hal berikut untuk menggunakan lulur kopi:

  • Siapkan setengah cangkir gula, 3 sdm minyak zaitun, dan 2 cangkir bubuk kopi.
  • Campurkan semua bahan menjadi satu dan aduk hingga merata.
  • Terlebih dahulu basuhlah kulit dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit sehingga lebih mudah mengangkat kulit mati.
  • Gosokkan lulur kopi setelahnya, usahakan lakukan dengan gerakan tangan melingkar dan diberikan sedikit tekanan untuk mengangkat kulit mati.
  • Bilas lulur dengan air dingin dan keringkan. Rasakan kelembutan setelah menggunakannya.

2. Lulur Madu

Madu memang sudah teruji berbagai manfaatnya untuk kulit. Madu murni memiliki sifat anti bakteri sehingga jika digunakan pada kulit dapat mencegah timbulnya jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, madu juga kaya akan antioksidan yang memperlambat laju penuaan pada kulit.

➡ Baca Juga Cara Menghilangkan Keriput

Madu juga mampu melembutkan dan menghauskan kulit, juga membuat kulit lebih bersinar. Jika Anda merasa kulit Anda termasuk tipe yang kering, maka lulur madu ini sangat cocok untuk digunakan.

Berikut langkah-langkah untuk membuat lulur madu:

  • Siapkan tiga perempat cangkir madu, 1 sdm minyak jojoba, 1 sdm vanila bubuk, dan 1 cangkir gula.
  • Campurkan vanila dan gula, kemudian perlahan-lahan tambahkan minyak dan madu sehingga membentuk lulur. Aduk hingga merata.
  • Terlebih dahulu basahi kulit dengan air hangat sebelum menggunakan lulur madu.
  • Gosok lulur madu di seluruh bagian tubuh sambil dipijat lembut.
  • Bilas dengan air hangat hingga bersih, kemudian keringkan tubuh.

3. Lulur Kelapa

Kelapa merupakan salah satu tanaman khas negara tropis seperti Indonesia. Seluruh bagian tanaman kelapa dapat dimanfaatkan, termasuk minyak kelapa yang mampu dimanfaatkan menjadi lulur kelapa. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang sangat baik untuk kulit sebagai zat anti bakteri, sehingga ketika dijadikan lulur, mampu mencegah serangan bakteri ke dalam pori-pori kulit.

➡ Baca Juga Cara Membuat Masker Beras Sendiri

Selain itu, minyak kelapa juga sangat kaya akan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit, memperbaiki sel kulit yang rusak, menjaganya tetap lembut dan mencegah timbulnya kerutan. Dalam 100 gram minyak kelapa, terkandung sekitar 0,1 mg vitamin E dengan manfaatnya tersebut.

Langkah-Langkah Membuat Lulur Kelapa:

  • Siapkan setengah cangkir minyak kelapa, setengah sdt ekstrak kelapa, 3 sdm bubuk kakao tawar, 1 cangkir gula merah, dan 1 sdt vanila.
  • Campurkan semua bahan menjadi satu, aduk sehingga lulur tercampur merata.
  • Simpan lulur di dalam wadah sehingga mudah disimpan jika berlebih jumlahnya.
  • Gosokkan lulur sebelum mandi, pijat-pijat kulit dengan menggunakan lulur kelapa. Balurkan ke seluruh bagian kulit sehingga terasa kulit lebih lembut.
  • Mandi dan bilas lulur dengan sabun mandi.

4. Lulur Almond

Kacang almond mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Dengan lulur almond, Anda dapat mencegah berbagai kerusakan kulit karena terpapar sinar matahari. Almond juga kaya akan protein dan vitamin yang mampu membuat kulit lembab serta melembutkannya. Selain itu, almond juga mampu membuat kulit lebih berkilau serta memperbaiki kerusakan jaringan kulit.

Cara Membuat Lulur Almond:

  • Siapkan setengah cangkir garam, seperempat esktrak almond, setengah cangkir minyak almond, setengah cangkir bubuk kopi, dan setengah cangkir gula merah.
  • Masukkan semua bahan ke dalam wadah yang mencukupi. Kemudian aduk hingga merata.
  • Tambahkan salah satu bahan jika Anda kurang puas dengan hasilnya, hingga membentuk lulur dengan kekentalan yang pas.
  • Gunakan lulur almond sebelum mandi. Gosokkan ke seluruh bagian kulit.
  • Lakukan rutin sebanyak paling tidak 2 minggu sekali.

➡ Baca Juga Cara Membuat Masker Alpukat

5. Lulur Lemon

Berbagai manfaat lemon sudah tidak asing lagi untuk kulit, dari mulai mencegah timbulnya komedo, mencerahkan kulit dengan vitamin C yang dikandungnya, serta merupakan sumber antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang jaringan kulit dan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

➡ Baca Juga Masker Untuk Kulit Berminyak

Lemon juga sangat tepat digunakan untuk Anda yang memiliki warna kulit kurang merata untuk meningkatkan produksi kolagen sebagai protein yang merangsang pembentukan pigmen kulit.

Langkah-Langkah Membuat Lulur Lemon:

  • Siapkan setengah sdt parutan lemon, setengah cangkir garam laut, dan setengah cangkir minyak almond.
  • Campurkan semua bahan menjadi satu, dan minimalisir adanya air untuk menghindari garam larut terlalu banyak.
  • Simpan lulur lemon di wadah yang bisa tertutup rapat.
  • Gunakan lulur sebelum mandi dengan mengoleskannya ke seluruh tubuh sambil digosok.
  • Lakukan rutin paling tidak seminggu sekali.

Demikianlah 5 bahan yang dapat Anda gunakan sebagai cara membuat lulur. Anda bisa memilihnya sesuai dengan ketersediaan bahan yang ada di lingkungan tempat Anda tinggal serta tujuan penggunaan lulur. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *