12 Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mudah Dan Tepat

Kemampuan penglihatan yang baik sangat penting untuk menjalani kehidupan sehari-hari, namun banyak yang sering mengabaikan merawat matanya. Setiap orang seharusnya secara reguler melakukan pemeriksaan, terlepas apakah ada gangguan mata atau tidak. Di Inggris, jutaan orang mengeluhkan mata kering, penglihatan memburuk dan ketidaknyamanan lainnya, namun hanya 22,4 persen yang melakukan pemeriksaan rutin.

Melewatkan pemeriksaan mata Anda membuka risiko penyakit mata tidak bisa dideteksi sejak dini. Untuk membantu Anda, ada cara menjaga kesehatan mata secara sederhana yang dapat Anda lakukan, yaitu antara lain:

1. Ketahui Riwayat Kesehatan

Beritahukan pada dokter riwayat kesehatan Anda dan keluarga. Dengan informasi itu, dokter akan mampu menganalisa kondisi medis mata Anda. Pasien seringkali tidak menyadari bahwa ada hubungan antara penyakit di dalam tubuh dengan kondisi mata.

Menyadari riwayat keluarga Anda juga sangat penting dalam memahami kesehatan tubuh Anda secara jangka panjang, termasuk dalam soal kesehatan mata. Jika Anda mengetahui di dalam keluarga Anda ada yang pernah menderita penyakit mata, maka Anda dapat mengambil langkah dini untuk mencegah penyakit mata dan tidak membuatnya menjadi buruk di masa depan.

Tahukah Anda bahwa hampir sepertiga orang di dunia tidak menyadari adanya riwayat penyakit glaucoma yang diwariskan turun-temuran dalam keluarga mereka. Anda perlu memeriksa apakah di dalam keluarga Anda ada riwayat diabetes tipe 2, astigmatisma, miopi serta degenerasi macula — penyakit yang paling banyak menjadi penyebab kebutaan.

2. Jaga Berat Badan

Kelebihan berat badan dapat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Kondisi mata menjadi tidak nyaman. Mata adalah satu-satunya bagian tubuh di mana saraf dapat terlihat telanjang dan arteri bisa terlihat tanpa memotong kulit. Dengan melihat mata, kita dapat mengetahui gejala penyakit kardiovaskular dan diabetes yang semuanya disebabkan oleh berat badan. Penyakit lain yang dikaitkan dengan berat badan di antaranya katarak dan penyakit tiroid mata.

3. Konsumsi Makanan yang Menyehatkan Mata

Makanan sehat sangat penting bagi kesehatan mata. Makanan kaya lutein yang terdapat dalam sayuran hijau seperti kangkung dianggap membantu mencegah munculnya katarak. Di dalam sayuran hijau juga terkandung zeaxanthin yang menurunkan resiko degenerasi makula dan katarak. Konsumsi makanan kaya akan Omega-3 diyakini membantu mengurangi kecenderungan mata kering dan mempertahankan kesehatan mata hingga usia tua. Ikan berminyak seperti makarel, tuna dan salmon adalah sumber makanan terbaik yang kaya akan Omega-3. Seng (zinc) dapat membantu mempertajam penglihatan. Mineral ini dapat ditemukan di dalam makanan seperti keju, susu dan unggas.

Wortel dan buah-buahan berwarna orange lainnya seperti labu disebut-sebut adalah makanan terbaik untuk mata karena mengandung beta-caroten, salah satu jenis dari vitamin A yang menjaga fungsi retina. Buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk dan berbagai jenis buah berry menurunkan risiko penyakit degenerasi makula dan katarak.

4. Jadilah Pribadi yang Aktif

Sering-sering berolahraga dapat membantu menjaga kesehatan mata sekaligus melawan penyakit jantung dan diabetes. Penelitian menunjukkan hubungan antara gaya hidup dengan peningkatan resiko terkena glukoma. Penelitian di Universitas Wiscounsin, mengungkapkan orang yang berolahraga secara teratur mengurangi risiko sebanyak 70 persen dalam mengembangkan penyakit mata degeneratif seperti degenerasi makula.

5. Jangan Terlalu Banyak Minum Alkohol

Mengurangi minuman beralkohol sebenarnya dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan. Tiga faktor utama penyebab kerusakan mata adalah pola makan yang buruk, merokok dan penyalahgunaan alkohol. Hal ini dapat mengakibatkan kelumpuhan optik, sehingga penglihatan terganggu dan sel-sel saraf optik rusak. Kerusakan ini membuat warna mata berubah sebagai gejalanya. Disarankan kepada pria untuk tidak mengonsumsi lebih dari 21 sloki alkohol per minggu dan tidak lebih dari 4 sloki per hari. Asupan alkohol yang direkomendasikan buat wanita adalah tidak lebih dari 14 sloki per minggu atau 3 sloki dalam satu hari.

6. Hati-Hati terhadap Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar ultraviolet (UV) dalam waktu yang lama dapat merusak mata dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan pembakaran retina dan bahkan kebutaan. Sangat penting untuk mengenakan sunglass sehari-hari terutama pada jam 10.00-14.00 di mana sinar ultraviolet berada pada paparan tertinggi. Bahkan pada cuaca bersalju, sinar ultraviolet bisa terpancar sebanyak 80 persen. Paparan UV tidak berhubungan dengan cuaca panas atau tidak. Jika Anda mencari kacamata di pasaran, carilah yang menggunakan standar kesehatan nasional maupun internasional.

7. Pastikan Asuransi Kesehatan Anda Menjamin Kesehatan Mata

Kita menghabiskan banyak waktu di tempat kerja dengan banyak pula mengabaikan kesehatan mata. Jika Anda bekerja di depan komputer, pastikan Anda melengkapi komputer dengan anti radiasi, bahkan Anda juga perlu mengenakan kaca mata dan memastikan posisi mata dari komputer adalah 20-24 inci. Jika sudah 20 menit, Anda bisa meregangkan mata dengan melihat ke tempat lain selama 20 detik. Sangat penting bagi Anda untuk bekerja perusahaan yang memberikan fasilitas pemeriksaan mata secara berkala.

8. Jaga Jarak Mata dari Layar Televisi

Bermain video game dan menonton televisi di rumah adalah saat-saat santai bagi Anda bersama keluarga. Namun, jangan terlalu dekat dari layar komputer. Jika Anda mengalami penglihatan kabur, penglihatan berbayang, sakit kepala atau leher tegang, maka itu adalah sinyal untuk mengistirahatkan mata Anda.

9. Perhatikan Usia Anda

Semakin menua usia Anda, maka penglihatan pun semakin menurun. Anda memerlukan bantuan kacamata untuk melakukan aktivitas sehari seperti membaca dan menonton televisi. Para ahli merekomendasikan untuk memeriksa mata setiap dua tahun sekali jika usia telah mencapai 40 tahun sebagai deteksi dini.

10. Perhatikan Ruangan Anda

Pengatur suhu ruangan seperti air conditioner (AC) maupun pemanas ruangan dapat membuat mata menjadi lebih kering. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, maka berhati-hatilah karena bulu maupun apa yang mereka bawa dari luar rumah yang ditinggalkan di sofa, kursi dan perabot lainnya, dapat menyebabkan peradangan mata. Pastikan hewan peliharaan Anda selalu bersih.

11. Minum Kafein Jangan Terlalu Banyak

Minuman berkafein seperti kopi dan teh dapat melindungi mata dari kekeringan karena kafein membantu memproduksi air mata yang menjaga mata tetap lembab. Namun, perlu diingat lebih dari dua porsi kafein sehari justru dapat menguras air mata dan menyebabkan kering pada mata.

12. Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup membantu mata beristirahat dan mengurangi ketegangan. Tidur yang baik adalah tidur selama 7-8 jam sehari dan dilakukan dari jam 10 malam hingga jam 6 pagi. Pada jam-jam itu, tubuh tidak saja beristirahat, tetapi juga memulihkan diri dan membersihkan organ-organ tubuh termasuk mata.

Demikian 12 cara menjaga kesehatan mata yang bisa Anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Pastikan untuk lebih sensitif terhadap kondisi mata Anda. Periksakan mata Anda secara berkala ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *